[LENGKAP] Pencegahan Sakit Angin Duduk atau Angina

Untuk bisa mencegah sakit angin duduk, tahap yang dilakukan hampir sama dengan cara pengobatan awal pada angin duduk tanpa harus menggunakan obat untuk mengobati, yakni dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Selain mampu menghindari terjadinya serangan angin duduk pada orang yang belum mengalaminya, rutinitas pola hidup sehat bisa juga mengurangi tingkat keparahan pada gejala-gejala angin duduk pada pasien. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil agar dapat mencegah sakit angin duduk, sebagia berikut:

Artikel Terkait:

Pencegahan Sakit Angin Duduk atau Angina

Angin Duduk

  1. Berolahraga

    Kita semua dapat berolahraga yang ringan-ringan saja, seperti bersepeda, jogging atau senam. Olahraga ringan ini dapat menurunkan berat badan dan juga bisa membuat peredaran darah menjadi lancara dan bisa juga menurunkan tekanan darah, hal ini nantinya akan juga akan berdampak pada pembuluh koroner yang tetap sehat.

  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat bagi jantung

    Supaya kita tetap dalam kondisi yang baik, maka kita perlu untuk mengkonsumsi makanan sebagai penunjang. Makanan yang sehat bagi jantung kita haruslah memiliki banyak serat. Kita bisa memenuhi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi buah, sayur dan biji-bijian. Selain serat, konsumsilah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh karena ini bisa membuat sehat jantung kita karena lemak tidak jenuh bisa membantu menurunkan penyumbatan pada pembuluh darah. Beberapa diantaranya makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh adalah salmon, ikan tuna, tahu, minyak zaitun, kacang almond dan buah alpukat.

  3. Menghindari makanan yang membahayakan jantung

    Supaya terhindar dari penyakit angin duduk, maka kita harus menghindari mengkonsumsi makananan yang mengandung banyak garam. Takaran garam yang boleh dan direkomendasikan bagi kesehatan adalah satu sendok teh per hari. Dengan mengkonsumsi terlalu banyak garam bisa membuat kita menderita hipertensi. Selain garam, kita juga perlu untuk memperhatikan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti santan, jeroan, keju, gorengan dan mentega. Lemak jenuh ini bisa mengendap di dalam arteri dan dapat menghambat peredaran darah.

  4. Memperhatikan berat badan

    Berat badan yang idela dan sehat sangat perlu untuk dipertahankan. Hal ini karena apabila kita mengalami obesitas maka jantung akan lebih sulit untuk menyalurkan darah sehingga harus memompa darah lebih keras. Apabila hal ini terus terjadi maka ini bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh dan memicu angin duduk.

  5. Membatasi konsumsi minuman keras (lebih baik tidak meminumnya)

    Di dalam alcohol terkandung kalori yang sangat tinggi. Dan karena ini mengkonsumsi minuman keras secara berlebih bisa membuat kita obesitas dan hipertensi yang nantinya bisa memicu angin duduk.

  6. Stop merokok

    Di dalam rokok terdapat zat-zat yang sangat berbahaya yang bisa menghambat arteri dan meningkatkan tekanan darah. Apabila kondisi ini terjadi maka kita bukan hanya beresiko menderita angin duduk tetapi juga beresiko menderita dan terkena stroke dan serangan jantung.

[LENGKAP] Pencegahan Sakit Angin Duduk atau Angina | ahmad handi | 4.5